Tema 4 Reklame (1)

 Materi Kelas 6 Tema 4 SBDP 

Reklame (1)

 

 

A.    Pengertian Reklame

Reklame adalah sarana atau alat untuk menyampaikan informasi, menawarkan, mempromosikan, dan menghadirkan produk atau layanan kepada publik menggunakan gambar dan kata-kata yang menarik.

Ciri-ciri reklame:

·         Memberi informasi yang jelas dan nyata kepada masyarakat

·         Tidak berlebihan dalam menyusun kalimat promosi

·         Memberikan seni atau hiasan di sekitar tulisan agar lebih menarik

  

B.    Jenis-Jenis reklame

1.    Reklame berdasarkan sifat dan tujuan

a.    Reklame komersial

Reklame komersial adalah reklame yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Contoh iklan sabun, pasta gigi, baju, roti, dll

b.    Reklame non komersial adalah reklame yang bertujuan untuk memberikan informasi dan layanan masyarakat. Contoh poster 3M, himbauan wajib belajar 9 tahun, anjuran menjaga kebersihan, dll

 

2.    Reklame berdasarkan penggunaan media

a.    Reklame audio adalah reklame yang penyampaiannya menggunakan media suara. Contohnya reklame melalui radio, pengeras suara

b.    Reklame visual adalah reklame yang dalam penyampaiannya menggunakan media gamabar dan atau tulisan Contoh poster, selebaran, brosur, spanduk, baliho, embalase, iklan, dll

c.    Reklame audiovisual adalah reklame yang penyampaiannya menggunakan media suara dan gambar/tulisan Contoh reklame di media televisi, internet, slide, dll

 

C.   Contoh Reklame

1.    Poster

Poster adalah media publikasi yang terdiri atas tulisan, gambar ataupun kombinasi antar keduanya dengan tujuan memberikan informasi kepada khalayak ramai.

Poster biasanya dipasang ditempat-tempat umum yang dinilai strategis seperti sekolah, kantor, pasar, mall dan tempat-tempat keramaian lainnya, informasi yang ada pada poster umumnya bersifat ajakan/himbauan/anjuran.

 

Ciri-Ciri Poster:

·         Komposisi poster terdiri atas huruf dan gambar di atas media kertas atau kain

·         Poster dibuat dengan perpaduan warna yang kuat

·         Menggunakan bahasa yang singkat, jelas dan tidak rancu

·         Disertai dengan gambar agar pesan yang disampaikan lebih mengena

 

Tujuan Poster:

·         Sebagai media publikasi supaya masyarakat dapat memacanya dan melakukan sesuatu sesuai dengan yang ada dalam poster tersebut

·         Untuk tujuan komersil, mencari simpati pubik, mencri perhatian masyarakat, dan lain sebagainya

 

Jenis Poster :

·         Poster kegiatan

·         Poster layanan masyarakat

·         Poster pendidikan

·         Poster niaga, dll

 

Cara Membuat Poster:

·         Tentukan tema dan tujuan

·         Kalimat singkat, padat, menarik dan mensugesti

·         Lengkapi dengan gambar agar lebih menarik

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat poster;

·         Gambar dibuat mencolok

·         Kata-kata atau kalimatnya efektif, sugestif, dan mudah diingat

·         Tulisan dibuat besar-besar dan mudah dibaca

·         Poster dipasang di tempat strategis

·         Tidak melebih-lebihkan

 

2.    Brosur

Brosur merupakan alat yang digunakan sebagai promosi barang, jasa dan sebagainya.

 

Fungsi Brosur:

a.    Fungsi informatif yaitu memberikan informasi kepada konsumen yang terkait dengan produk dan perusahaan.

b.    Fungsi iklan yaitu sebagai alat untuk mempromosikan produk yang menarik

c.    Fungsi identifikasi yaitu sebagai nilai prestis dan kredibilitas perusahaan

 

Ciri-ciri brosur:

a.    Pernyataan pesannya tunggal

b.    Tujuannya untuk menginformasi, mengedukasi, memengaruhi orang atau peanggan untuk membeli atau mengadopsi pesan yang disampaikan

c.    Diterbitkan hanya sekali dan dapat dicetak ulang

d.    Memiliki sistem distribusi sendiri

e.    Desain menarik dan salinan brosur dibuat jelas

 

  

 

TUGAS

Link Soal Tema 4 (SBDP)

 

 

 

 

Tidak ada komentar untuk "Tema 4 Reklame (1)"