Tema 5 Reklame (2)

 Materi Kelas 6 Tema 5 SBDP 

Reklame (2)

 

 

A.    Pengertian Reklame

Reklame adalah sarana atau alat untuk menyampaikan informasi, menawarkan, mempromosikan, dan menghadirkan produk atau layanan kepada publik menggunakan gambar dan kata-kata yang menarik.

Ciri-ciri reklame:

·         Memberi informasi yang jelas dan nyata kepada masyarakat

·         Tidak berlebihan dalam menyusun kalimat promosi

·         Memberikan seni atau hiasan di sekitar tulisan agar lebih menarik

 

B.    Macam-Macam Reklame

1.    Reklame berdasarkan sifat dan tujuan

a.    Reklame komersial

Reklame komersial adalah reklame yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan. Contoh iklan sabun, pasta gigi, baju, roti, dll

b.    Reklame non komersial adalah reklame yang bertujuan untuk memberikan informasi dan layanan masyarakat. Contoh poster 3M, himbauan wajib belajar 9 tahun, anjuran menjaga kebersihan, dll

 

2.    Reklame berdasarkan penggunaan media

a.    Reklame audio adalah reklame yang penyampaiannya menggunakan media suara. Contohnya reklame melalui radio, pengeras suara

b.    Reklame visual adalah reklame yang dalam penyampaiannya menggunakan media gamabar dan atau tulisan Contoh poster, selebaran, brosur, spanduk, baliho, embalase, iklan, dll

c.    Reklame audiovisual adalah reklame yang penyampaiannya menggunakan media suara dan gambar/tulisan Contoh reklame di media televisi, internet, slide, dll

 

C.   Contoh Reklame (2)

1.    Logo atau Simbol

Logo merupakan lambang atau simbol khusus yang mewakili suatu perusahaan atau organisasi. Logo dapat berupa nama, lambang, atau elemen grafis lainnya yang disajikan secara visual. Desain logo berperan penting sebagai citra merek perusahaan.

 

Pembuatan logo/simbol perlu memperhatikan:

·         Dapat dideskripsikan

·         Mudah diingat

·         Tetap terlihat indah walau ditampilkan tanpa warna

·         Dapat disesuaikan

·         Terlihat bagus dalam skala kecil maupun besar

·         Relevan dengan produk yang dihasilkan

 

2.    Kemasan Produk

Kemasan Produk adalah desain kreatif yang di dalamnya berisi bentuk, struktur, warna, dan citra sebuah produk. Kemasan produk yang menarik akan berdampak pada peningkatan pemasaran.

Fungsi kemasan produk

·         Sebagai wadah dari sebuah produk

·         Melindungidan mengawetkan produk

·         Memudahkan dalam membawa

·         Sebagai identitas produk

·         Daya tarik bagi konsumen

·         Sarana informasi dan iklan

 

Bahan-bahan untuk mengemas produk

·         Kain blancu digunakan untuk mengemas bahan pangan tepung

·         Kertas greaseproof digunakan untuk mengemas mentega, margarin, daging, kopi, gula.

·         Gelas digunakan untuk mengemas air, minuman, dll

·         Logam biasanya dibuat sebagai kaleng

·         Plastik

·         Daun misalnya daun pisang, jati, bambu

·         Kayu

·         Karton

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kemasan produk:

·         Menyertakan gambar yang menarik

·         Bahasa yang tepat

·         Font dan warna

·         Unik, menarik, dan kreatif

·         Label mudah dibaca

 

3.    Buklet

Buklet adalah buku kecil yang berfungsi sebagai selebaran. Buklet digunakan sebagai salah satu media promosi untuk perusahaan. Buklet memuat rincian informasi, produk, atau jasa.

Keuntungan menggunakan buklet:

·         Biaya yang dikeluarkan lebih murah

·         Informasi tersampaikan lebih cepat

·         Desain buklet menarik sehingga menarik minat konsumen

·         Informasi pada buklet lebih rinci

·         Konsumen dapat menyimpan buklet dan membacanya sewaktu-waktu

 

 

TUGAS

Link Soal Tema 5 (SBDP)

 

 

 

Tidak ada komentar untuk "Tema 5 Reklame (2)"