Tema 1 Karakteristik Negara ASEAN

 Materi Kelas 6 Tema 1 IPS 

Karakteristik Negara-Negara ASEAN

 

 

A.    ASEAN

ASEAN (Association of South East Asia Nation) yaitu perkumpulan negara-negara Asia Tenggara. ASEAN didirikan oleh  5 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand di Bangkok melalui Deklarasi Bangkok. Menteri luar negeri penandatangan Deklarasi Bangkok adalah Adam Malik (Indonesia), Narsisco Ramos (Filipina),Tun Abdul Razak (Malaysia), S Rajaratnam (Singapura), dan Thanat Khoman (Thailand).  Brunei Darussalam bergabung menjadi anggota ASEAN pada tanggal 7 Januari 1984, Vietnam menjadi anggota ASEAN pada tanggal 28 Juli 1995, Laos dan Myanmar masuk menjadi anggota ASEAN pada tanggal 23 juli 1997 dan Kamboja menjadi anggota ASEAN pada tanggal 16 Desember 1998.

 

Tujuan ASEAN:

·         Mempercepat pertumbuhan ekonomi kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara

·         Meningkatkan perdamaian dan stabilitas regional

·         Meningkatkan kerjasama dan saling membantu untuk kepentingan bersama dalam bidang ekonomi sosial, ilmu pengetahuan dan teknologi

·         Memelihara kerjasama yang erat di tengah-tengah organisasi regional dan internasional yang ada

·         Meningkatkan kerjasama untuk memajukan pendidikan dan penelitian di kawasan Asia Tenggara

 

B.    Kondisi Geografis Negara ASEAN

1.    Indonesia

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar yang mempunyai 17.508 pulau. Indonesia terbentang antara 60 lintang utara sampai 110 Lintang Selatan dan 970 sampai 1410 bujur timur.  Indonesia terletak antara dua benua yaitu benua Asia dan Australia dan dua samudra yaitu samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Wilayah Indonesia terdiri atas kepulauan, dataran rendah, dataran tinggi, dan pegunungan. Luas wilayah Indonesia secara keseluruhan adalah 1,9 juta km2.

 

2.    Singapura

Singapura terletak pada posisi silang jalur lalu lintas pelayaran dari negara Asia Timur Asia Barat Afrika Eropa Amerika dan Australia. Posisi yang strategis tersebut dimanfaatkan sebagai pelabuhan transit internasional.

 

3.    Thailand

Thailand seluruhnya berada di daerah tropis letaknya mendekati garis balik utara menyebabkan Thailand mengalami 4 musim (panas gugur dingin dan semi). Luas wilayah Thailand adalah 513.118 km2.

 

4.    Malaysia

Wilayah Malaysia terdiri dari dua bagian yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Malaysia Barat terletak di semenanjung Malaya dan Malaysia Timur terletak di pulau Kalimantan.  Luas wilayah Malaysia adalah 330.434 km2.

 

5.    Filipina

Filipina merupakan negara kepulauan dengan jumlah pulau 7000 lebih. Pulau terbesar adalah Luzon dan Mindanao. Filipina mempunyai 2 musim yakni musim penghujan dan kemarau. Filipina memiliki banyak gunung api yang masih aktif. Luas wilayah Filipina 300.000 km2.

 

6.    Brunei Darussalam

Brunei Darussalam terletak di Kalimantan sebelah utara. Brunei Darussalam dibagi dua wilayah yaitu wilayah barat dan wilayah timur. Wilayah Barat merupakan daerah dataran rendah dengan rawa-rawa namun pedalamannya sedikit berbukit-bukit. Adapun wilayah Timur merupakan daerah berbukit-bukit. Luas wilayah Brunei 5.765 km2.

 

7.    Kamboja

Kamboja terletak di semenanjung Indocina. Di Kamboja mengalir sungai Mekong. Daerah di sekitar sungai Mekong merupakan daerah yang subur Luas wilayah Kamboja 181.035 km2.

 

8.    Laos

Laos terletak di semenanjung Indocina. Laos dikelilingi pegunungan dan hutan lebat. Sungai Mekong merupakan sungai penting di Laos. Negara ini memiliki iklim panas. Laos merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tidak memiliki wilayah laut. Luas wilayah  236.800 km2.

 

9.    Vietnam

Vietnam terletak di semenanjung Indocina. Wilayah Vietnam meliputi seluruh pantai semenanjung Indocina. Luas Vietnam 331689 km2

 

10.  Myanmar

Myanmar bagian utara merupakan pegunungan tinggi sedangkan bagian selatan terdapat pada garis pantai sepanjang Teluk Benggala dan Laut Andaman.  Luas wilayah  676.578 km2

 

11.  Timor Leste

Timor Leste merupakan negara kepulauan yakni di Pulau Timor bagian timur. Timor Leste terdiri dari dataran tinggi dan dataran rendah. Luas wilayah Timor Leste 15.410 km2

 

C.   Potensi Ekonomi Negara ASEAN

1.    Indonesia

Indonesia memiliki sumber daya alam yang kaya. Indonesia mengekspor minyak dan gas bumi, tekstil dan produk dari kayu, pertambangan,dan pariwisata.

 

2.    Singapura

Perekonomian Singapura sangat bergantung pada jasa perbankan, perdagangan, perhubungan,pPerindustrian dan pariwisata.

 

3.    Thailand

Kegiatan ekonomi adalah pertanian, kehutanan, pertambangan dan industri. Hasil pertanian terbesar adalah beras

 

4.    Malaysia

Kegiatan ekonomi penduduknya adalah ah di bidang pertanian pertambangan dan industri. Pertanian menghasilkan karet, minyak sawit, kopra.  Malaysia merupakan negara penghasil timah terbesar

 

5.    Filipina

Mata pencaharian penduduknya adalah di bidang pertanian, pertambangan dan industri

 

6.     Brunei Darussalam

Brunei Darussalam terkenal sebagai negara pengekspor minyak dan gas alam. Brunei Darussalam termasuk negara Asia Tenggara yang kaya.

 

7.    Kamboja

Mata pencaharian utama penduduk Kamboja adalah  bidang pertanian

 

8.    Laos

Mata pencaharian utama penduduk Laos adalah di bidang pertanian dan peternakan

 

9.    Vietnam

Mata pencairan sebagian besar penduduknya adalah pertanian. Hasil utamanya adalah padi

10.  Myanmar

Mata pencaharian penduduk Myanmar adalah di bidang pertanian, perkebunan dan pertambangan

 

11.  Timor Leste

Mata pencaharian utama di Malaysia adalah pertanian, kehutanan dan pertambangan

 

D.   Karakteristik Politik Negara ASEAN

1.    Indonesia

Bentuk negara Republik,  kepala negara dan kepala pemerintahan presiden,  ibukota Jakarta,  lagu kebangsaan Indonesia raya, bahasa nasional bahasa Indonesia, mata uang rupiah.

 

2.    Singapura

Bentuk negara Republik, kepala negara presiden, kepala pemerintahan Perdana Menteri, ibu Kota Singapura,lagu kebangsaan Majulah Singapura, mata uang Dolar Singapura.

 

3.    Thailand

Bentuk negara kerajaan, kepala negara raja,, kepala pemerintahan Perdana Menteri ibu kota Bangkok, lagu kebangsaan Pleng Chat, mata uang bath.

 

4.    Malaysia

Bentuk negara kerajaan,  kepala negara raja (Yang Di-Pertuan Agung), kepala pemerintah perdana menteri, ibukota Kuala Lumpur mata uang ringgit.

 

5.    Filipina

Bentuk negara republik, kepala negara presiden, ibu kota Manila, lagu kebangsaan Lupang Hinirang, mata uang peso.

 

6.    Brunei Darussalam

Bentuk negara Kesultanan, kepala negara Sultan,  ibu kota Bandar Seri Begawan, lagu kebangsaan Allah Peliharalah Sultan,  mata uang dolar Brunei

 

7.    Kamboja

Bentuk negara kerajaan, kepala negara Raja, kepala pemerintahan Perdana Menteri,  ibu kota Phnom Penh,  bahasa nasional khmer,  lagu kebangsaan Nokoreach,  mata uang riel

 

8.    Laos

Bentuk negara republik, kepala negara presiden ,kepala pemerintahan Perdana Menteri, ibukota vientiane,  bahasa nasional Laos mata uang kip

 

9.    Vietnam

Bentuk negara Republik Sosialis, kepala negara presiden, kepala pemerintahan Perdana Menteri, ibu kota Hanoi,  bahasa nasional bahasa Vietnam, mata uang dong.

 

10.  Myanmar

Bentuk negara republik, kepala negara dan pemerintahan presiden, ibukota Naypidaw,  mata uang kyat

 

11.  Timor Leste

Bentuk negara republik kepala negara presiden kepala pemerintahan Perdana Menteri ibukota Dili,  mata uang dolar AS

  

 

TUGAS

Link Soal Tema 1 (IPS)

 

 

 

 

Tidak ada komentar untuk "Tema 1 Karakteristik Negara ASEAN"